Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Memasang Script Anti Adblock Terbaru Untuk Blogger

Cara Memasang Script Anti Adblock Terbaru Untuk Blogger

Blog Buttatoa | Script Anti Adblock Terbaru - Sebagai pemilik website atau blog, salah satu sumber pendapatan yang paling dapat diandalkan yaitu penghasilan dari iklan Adsense oleh Google maupun iklan dari pihak ketiga lainnya. Namun beberapa penempatan iklan yang terpasang di wsbsite atau blog tersebut kadang tidak disukai oleh sebagian pengunjung, sehingga untuk mengatasinya, pengunjung website memasang ekstensi pada browser web mereka yang disebut AdBlock.

Script Anti Adblock Terbaru

{tocify} $title={Table of Contents}

Sebenarnya, pemblokir iklan tersebut tidak memblokir iklan, tetapi mereka memblokir permintaan web yang dimuat di browser web kalian atau dengan kata lain, adblocker menghentikan pemuatan iklan baik iklan header, iklan parallax👀, iklan anchor,iklan vinyet di browser kalian yang memungkinkan halaman web untuk memuat lebih cepat dan menawarkan pengalaman menjelajah yang lebih baik. 

Apa Itu Adblock?

AdBlock adalah ekstensi kecil yang dipasang di browser web seperti (Chrome, Firefox, Opera, dll) yang digunakan untuk memblokir sebagian atau seluruhnya iklan di situs web. Dengan Adblock ini, pengunjung website hanya menerima website dengan artikel dan konten inti.

AdBlock dan AdBlock Plus adalah alat adblock paling populer dan dapat diinstal secara gratis dan ekstensi ini tersedia hampir disemua browser web.

Memasang Script Anti Adblock Terbaru

Mengapa Adblock Begitu Populer?

Beberapa website yang menggunakan pengaturan dan pemasangan iklan secara agresif telah mendorong pengguna untuk mengadopsi pemblokir iklan. Sebagian besar pengguna yang mengaktifkan pemblokir iklan mengatakan bahwa mereka ingin menghindari iklan yang mengganggu atau terlalu banyak iklan.

AdBlock menjadi sangat populer karena dapat membuat terjadinya peningkatan dalam pengalaman menjelajah bagi pengguna, dimana waktu responding yang ternyata menjadi lebih cepat serta halaman terlihat tidak terlalu berantakan dengan tanpa adanya iklan.

Namun, kenyamanan ini berbanding terbalik dengan pemilik website karena kenyamanan itu datang dengan mengorbankan pemilik website yang pendapatannya berkurang. Saat pengguna yang mengaktifkan ekstensi adblock saat mengunjungi sebuah website, adblock mencegah website tersebut memuat iklan. 

Ini berarti penayang tidak diberi kesempatan untuk mengumpulkan klik atau tayangan yang menghasilkan pendapatan. Hasilnya adalah pemilik website tidak dapat memonetisasi kunjungan ini. Di sinilah solusi anti-adblock tersebut.

Apa Itu Anti Adblock?

Anti Adblock adalah lawan dari adblock itu sendiri, dimana ketiga pemilik blog memasang script anti adblock di website mereka, maka memungkinkan pengunjung web tersebut tidak dapat mengakses atau menampilkan isi website yang dikunjungi jika mereka memasang ektensi adblock dibrowser mereka. 

Hal ini tentu saja memungkinkan pemilik blog untuk memulihkan pendapatan iklan yang seharusnya hilang karena pemasangn adblock tersebut. Namun memasang anti adblock ini sendiri juga terkadang menjadi boomerang, karena dapat membuat pengunjung menjadi malas untuk melihat dan membuka website yang memasang anti adblock.

Cara Memasang Script Anti Adblock Terbaru Untuk Blogger

Untuk script anti Adblock yang ingin saya bagikan disini, dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Script anti adblock jenis "Pop-Up Notification".

    Script ini akan memberikan notifikasi pop-up melayang pada layar browser pengunjung apabila terdeteksi memasang ekstensi adblock pada browser mereka. Keseluruhan tampilan blog kalian akan tersembunyi dibalik pop-up anti adblock tersebut, sehingga memaksa pengunjung untuk menonaktifkan ekstensi adblock dibrowser mereka agar dapat melihat artikel blog kalian.

  2. Script anti adblock jenis "Hide Post Body"

    Berbeda dengan script anti adblock yang pertama diatas, script yang kedua ini akan tetap menampilkan keseluruhan blog, namun hanya akan menyembunyikan isi artikel postingan saja. Pengunjung tetap dapat melihat judul artikel, tetapi isi keseluruhan artikel akan tersembunyi.

Script Anti Adblock Jenis "Pop-Up Notification"

Untuk script jenis popup notification ini, akan saya berikan 2 contoh script anti adblock, yaitu pertama khusus pengguna template Viomagz, dimana pembuat pembuat template yaitu Mas Sugeng telah menyiapkan tools tersendiri untuk membuat script anti adblock yang dapat dibuat dan dipasang dengan mudah. 

Sementara yang kedua adalah script yang kalian bisa pasang ke hampir semua template blogger. Kalian cukup menyesuaikannya sedikit dengan beberapa pengaturan template yang kalian gunakan.

Script Anti Adblock Jenis "Pop-Up Notification" Khusus Template VioMagz

Sebagai pengguna template VioMagz, pengembang template telah menyediakan tools tersendiri untuk membuat script anti adblock yang bisa kalian akses melalui Tools Anti AdBlock👀.

Tools Generator Anti AdBlock

Caranya menggunakan tools cukup mudah, yaitu :

  1. Isi point 1 dengan URL gambar logo yang ingin ditampilkan di Popoup Adblock, contoh : 

    https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/eb/Adblock_logo.png
  2. Isi point 2 dengan judul adblock nantinya, contoh : 

    ADBLOCK TERDETEKSI

  3. Isi point 3 dengan isi konten notifikasi adblock, contoh :

    Iklan memang menyebalkan, tapi tanpa iklan kami tidak punya penghasilan.
    Mohon nonaktifkan adblock demi keberlangsungan blog ini.

  4. Lalu klik point 4 </> Buat Kode untuk membuat script anti adblock tersebut yang akan tampil di point 5.

    Tools Generator Anti AdBlock

  5. Copy script anti adblock yang dihasilkan di point 5 tersebut, lalu kalian menuju ke dashboard blogger 👉 Tata Letak 👉 kemudian tambahkan widget baru di sidebar 👉 pilih widget HTML/JavaScript, lalu pastekan script tadi dibagian "Konten". Untuk "Judul" kalian kosongkan saja.

    Tools Generator Anti AdBlock

    dan bila ada pengunjung blog kalian yang mengaktifkan ekstensi adblock dibrowser mereka, maka dilayar browser mereka akan ditampilkan pop-up notification seperti gambar dibawah ini:

    Memasang Script Anti Adblock Terbaru

Script Anti Adblock Jenis "Pop-Up Notification" Untuk Semua Template Blogger

Untuk pengguna template Blogger lainnya selain VioMagz, saya akan akan berikan 2 jenis script anti adblock dengan tampilan akhir yang berbeda yang bisa kalian gunakan, silahkan pilih salah satu yang kalian suka.

Script Anti AdBlock Pertama.

Script ini saya comot dari dewaplokis.com, dengan tampilan yang cukup sederhana dan cara membuat dan memasangnya, kalian perhatikan dibawah ini:

1. Cari kode </head> lalu copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </head> tersebut.

<style>
/* Anti AdBlock By dewaplokis.com */
#dewaplokisAdBlock {background:rgba(0,0,0,0.85);padding:0;position:fixed;bottom:0;left:0;top:-100px;right:0;z-index:1000;opacity:1;visibility:visible;height:auto;}
#dewaplokisAdBlock svg {width:70px; height:70px}
#dewaplokisAdBlock svg path {fill:#fff}
#dewaplokisAdBlock a{color:#ffe88b;} #dewaplokisAdBlock a:hover{color:#ffe88b;text-decoration:underline}
#dewaplokisAdBlock .isiAds{background:#e74c3c;color:#fff;position:absolute;text-align:center;padding:0 20px 20px 20px;margin:auto;top:30%;left:0;right:0;font-size:1rem;font-weight:400;line-height:1.5em;font-family:monospace;max-width:500px;box-shadow:0 20px 10px -10px rgba(0,0,0,0.15);border:15px solid rgba(0,0,0,.07); overflow:hidden; transition:all .6s cubic-bezier(.25,.8,.25,1); -webkit-transform:translateZ(0); transform:translateZ(0); backface-visibility:visible; transition:all .2s ease-in-out,visibility 0s; transform-origin:bottom center; pointer-events:auto; transform:rotateX(0deg) rotateY(0deg) rotateZ(0deg) scale(1); opacity:1; animation:dewaplokisWobble .5s; -moz-animation: dewaplokisWobble .5s; -webkit-animation:dewaplokisWobble .5s; -o-animation:dewaplokisWobble .5s}
#dewaplokisAdBlock .isiAds:hover{box-shadow:0 20px 10px -10px rgba(0,0,0,0.2);}
#dewaplokisAdBlock .isiAds h4, #dewaplokisAdBlock .isiAds .judul{display:inline-block;background:rgba(0,0,0,.07);padding:5px 25px 15px 25px;font-size:2rem;font-weight:600;margin-bottom:20px}
#dewaplokisAdBlock .tutupAds{visibility:hidden;opacity:0;color:#ffe88b;text-align:center;position:absolute;bottom:10px;right:10px;font-size:18px;cursor:pointer;width:30px;height:30px;line-height:30px;border-radius:100%;transition:all .6s cubic-bezier(.25,.8,.25,1);transform:translate(0,50px);}
#dewaplokisAdBlock .tutupAds:hover{color:#fff;transform:scale(1.0);}
#dewaplokisAdBlock .isiAds:hover .tutupAds{visibility:hidden;opacity:0;color:#ffe88b;transform:translate(0,0)}
@keyframes dewaplokisWobble{0%{transform:scale(0) rotate(-54deg) translatey(40px)}45%{transform:scale(1.1) rotate(20deg) translatey(0px)}60%{transform:scale(1) rotate(-15deg) translatey(0px)}77%{transform:scale(1) rotate(10deg) translatey(0px)}100%{transform:translatey(0)}}
@-webkit-keyframes dewaplokisWobble{0%{transform:scale(0) rotate(-54deg) translatey(40px)}45%{transform:scale(1.1) rotate(20deg) translatey(0px)}60%{transform:scale(1) rotate(-15deg) translatey(0px)}77%{transform:scale(1) rotate(10deg) translatey(0px)}100%{transform:translatey(0)}}
@-moz-keyframes dewaplokisWobble{0%{transform:scale(0) rotate(-54deg) translatey(40px)}45%{transform:scale(1.1) rotate(20deg) translatey(0px)}60%{transform:scale(1) rotate(-15deg) translatey(0px)}77%{transform:scale(1) rotate(10deg) translatey(0px)}100%{transform:translatey(0)}}
</style>

2. Kemudian copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </body>.

<script> //<![CDATA[
/* Anti AdBlock dewaplokis.com */
(function dewaplokisAdBlock() {
var judulAd = 'Matikan Extensions AdBlock', /* Judul */
notifAd = 'Agar blog Sobat SD tetap berjalan, matikan AdBlock atau masukkan blog ini ke dalam whitelist.<br/>Terima kasih.'; /* Isi tulisan. Baris baru diganti dengan <br/> */
eval(function(p,a,c,k,e,r){e=function(c){return(c<a?'':e(parseInt(c/a)))+((c=c%a)>35?String.fromCharCode(c+29):c.toString(36))};if(!''.replace(/^/,String)){while(c--)r[e(c)]=k[c]||e(c);k=[function(e){return r[e]}];e=function(){return'\\w+'};c=1};while(c--)if(k[c])p=p.replace(new RegExp('\\b'+e(c)+'\\b','g'),k[c]);return p}('K c=["\\g\\v\\o\\m\\r\\n","\\v\\o\\d\\h\\n\\d\\X\\s\\d\\L\\d\\p\\n","\\n\\C\\r\\d","\\n\\d\\Y\\n\\t\\M\\h\\A\\h\\g\\v\\o\\m\\r\\n","\\g\\o\\v","\\t\\t\\r\\h\\x\\d\\h\\i\\u\\e\\x\\l\\l\\x\\s\\d\\g\\C\\p\\i\\m\\v\\h\\n\\m\\l\\p\\e\\v\\l\\L\\t\\r\\h\\x\\d\\h\\i\\t\\M\\g\\t\\h\\i\\g\\F\\C\\x\\l\\l\\x\\s\\d\\e\\M\\g","\\h\\g\\C\\p\\v","\\l\\p\\d\\o\\o\\l\\o","\\i\\m\\A","\\m\\i","\\i\\d\\R\\h\\r\\s\\l\\S\\m\\g\\D\\i\\N\\s\\l\\v\\S","\\m\\p\\p\\d\\o\\G\\Z\\O\\H","\\y\\i\\m\\A\\j\\v\\s\\h\\g\\g\\P\\B\\m\\g\\m\\D\\i\\g\\B\\z\\y\\g\\r\\h\\p\\j\\v\\s\\h\\g\\g\\P\\B\\M\\1a\\i\\1a\\s\\B\\z","\\y\\t\\g\\r\\h\\p\\z\\y\\F\\o\\t\\z\\y\\g\\A\\x\\j\\A\\m\\d\\R\\N\\l\\Y\\P\\B\\w\\j\\w\\j\\u\\T\\j\\u\\T\\B\\z\\y\\r\\h\\n\\U\\j\\i\\P\\B\\O\\b\\f\\k\\b\\f\\G\\b\\b\\V\\q\\G\\b\\f\\O\\b\\u\\k\\b\\q\\e\\f\\D\\b\\e\\f\\k\\b\\e\\f\\j\\w\\j\\w\\k\\b\\j\\b\\w\\e\\q\\k\\b\\1b\\D\\b\\e\\f\\k\\b\\e\\f\\j\\w\\j\\w\\k\\b\\j\\b\\u\\k\\b\\T\\e\\q\\D\\b\\e\\f\\k\\b\\e\\f\\j\\w\\j\\w\\k\\b\\j\\b\\f\\e\\f\\k\\b\\1b\\D\\b\\e\\f\\k\\b\\e\\f\\j\\w\\j\\w\\k\\b\\j\\b\\u\\k\\b\\q\\e\\f\\O\\b\\I\\e\\q\\f\\k\\f\\G\\Q\\e\\u\\q\\H\\f\\k\\Q\\e\\u\\q\\V\\b\\I\\e\\q\\f\\H\\Q\\e\\u\\q\\k\\u\\b\\G\\b\\I\\e\\q\\f\\H\\u\\b\\k\\b\\I\\e\\q\\f\\V\\Q\\e\\u\\q\\H\\b\\I\\e\\q\\f\\k\\f\\1f\\B\\z\\y\\t\\r\\h\\n\\U\\z\\y\\t\\g\\A\\x\\z\\y\\F\\o\\t\\z","\\y\\t\\i\\m\\A\\z","\\h\\r\\r\\d\\p\\i","\\F\\l\\i\\C","\\l\\A\\d\\o\\1c\\s\\l\\R","\\g\\n\\C\\s\\d","\\U\\m\\i\\i\\d\\p","\\h\\i\\F\\s\\l\\v\\S","\\x\\d\\n\\X\\s\\d\\L\\d\\p\\n\\g\\N\\C\\Z\\h\\x\\1d\\h\\L\\d","\\m\\p\\g\\d\\o\\n\\N\\d\\1c\\l\\o\\d","\\r\\h\\o\\d\\p\\n\\1d\\l\\i\\d"];K E=J[c[1]](c[0]);E[c[2]]=c[3];E[c[4]]=c[5];E[c[6]]=1e;E[c[7]]=1g(){K a=J[c[1]](c[8]);a[c[9]]=c[10];a[c[11]]=c[12]+1h+c[13]+1i+c[14];J[c[16]][c[15]](a);J[c[16]][c[18]][c[17]]=c[19];1j[c[1k]]=1e};K W=J[c[1l]](c[0])[0];W[c[1m]][c[1n]](E,W)',62,86,'|||||||||||x31|_0x411f|x65|x2E|x33|x73|x61|x64|x20|x2C|x6F|x69|x74|x72|x6E|x37|x70|x6C|x2F|x32|x63|x30|x67|x3C|x3E|x76|x22|x79|x41|ad|x62|x48|x4C|x35|document|var|x6D|x6A|x42|x4D|x3D|x38|x77|x6B|x34|x68|x56|b_ad|x45|x78|x54|||||||||||x75|x36|x66|x4E|true|x5A|function|judulAd|notifAd|window|20|21|23|22'.split('|'),0,{}))
})();
//]]> </script>

3. Untuk lebih simpelnya, kalian juga bisa memasang sript diatas dengan cukup masuk ke menu Dashboard Blogger 👉 Tata Letak 👉 Tambahkan Gadget/Widget 👉 HTML/Java Script. Kalian copy paste dan satukan kedua kode diatas di kolom "Konten".

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Memasang Script Anti Adblock Terbaru

Script Anti AdBlock Kedua.

Script kedua ini memiliki tampilan yang lebih luas dengan petunjuk cara menonaktofkan ekstensi adblock. Cara membuat dan memasangnya sebagai berikut:

1. Cari kode </head> lalu copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </head> tersebut.

<style type='text/css'>
/* Animation */
@keyframes fadeInDown{0%{opacity:0;transform:translateY(-20px)}100%{opacity:1;transform:translateY(0)}}
@keyframes rubberBand{from{transform:scale3d(1,1,1)}30%{transform:scale3d(1.25,0.75,1)}40%{transform:scale3d(0.75,1.25,1)}50%{transform:scale3d(1.15,0.85,1)}65%{transform:scale3d(.95,1.05,1)}75%{transform:scale3d(1.05,.95,1)}to{transform:scale3d(1,1,1)}}
/* Say Hi to Adblock */
#gourabblock{background:rgba(0,0,0,0.65);position:fixed;margin:auto;left:0;right:0;top:0;bottom:0;overflow:auto;z-index:999999;animation:fadeInDown 1s}
#gourabblock .header{margin:0 0 15px 0}
#gourabblock .inner{background:#e3482d;color:#fff;box-shadow:0 5px 20px rgba(0,0,0,0.1);text-align:center;width:600px;padding:40px;border-radius:5px;margin:7% auto 2% auto;animation:rubberBand 1s}
#gourabblock button{padding:10px 20px;border:0;background:rgba(0,0,0,0.15);color:#fff;margin:20px 5px;cursor:pointer;transition:all .3s}
#gourabblock button:hover{background:rgba(0,0,0,0.35);color:#fff;outline:none}
#gourabblock button.active,#gourabblock button:hover.active{background:#fff;color:#222;outline:none}
#gourabblock .fixblock{background:#fff;text-align:left;color:#000;padding:20px;height:250px;overflow:auto;line-height:30px}
#gourabblock .fixblock div{display:none}
#gourabblock .fixblock div.active{display:block}
#gourabblock ol{margin-left:20px}
@media(max-width:768px){#gourabblock .inner{width:calc(100% - 20px);margin:10px auto;padding:15px}}
</style>

2. Kemudian copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </body>.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Say Hi to Adblock
function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement("script");e.src="https://cdn.staticaly.com/gh/onhaxid/adblocksumekar31/3bc8bb9d/Adblocksumekar31.js",document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
//]]>
</script>

3. Sama seperti diatas, kalian juga bisa memasangnya tanpa melalui edit HTML template dengan cukup masuk ke menu Dashboard Blogger 👉 Tata Letak 👉 Tambahkan Gadget/Widget 👉 HTML/Java Script. Kalian copy paste dan satukan kedua kode diatas di kolom "Konten".

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini: 

Memasang Script Anti Adblock Terbaru

Script Anti Adblock Jenis "Hide Body Post"

Script anti adblock ini adalah yang terbaru dan dapat dikatakan ini lebih modis dari script yang sebelumnya. Script anti adblock ini, hanya akan menampilkan judul dari artikel dan akan menyembunyikan isi artikel tersebut bila pengujung mengaktifkan adblock dibrowser mereka.

Untuk membuat dan memasang script anti adblock ini, kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Cari kode </head> lalu copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </head> tersebut.

<style>
article .note{position:relative;padding:20px 20px 20px 30px;border-radius:10px;border:1px solid rgb(255, 0, 0)}
article .note:hover{position:relative;padding:20px 20px 20px 30px;border-radius:10px;box-shadow:0px 2px 2px 0px rgb(255, 0, 0),0px 3px 1px -2px rgb(255, 0, 0),0px 1px 5px 0px rgb(255, 0, 0)}
article .noteAlert{background:rgba(229, 50, 50, 0.24);font-size: 14px;}
</style>

2. Kemudian copy paste script dibawah dan letakkan diatas kode </body>.

<script>//<![CDATA[ 
!function() {function f() {var a=document.getElementById("post-body");a.innerHTML='<p class="note noteAlert blocked"><strong style="font-size: 25px;font-family: tahoma;">⛔ DISABLE ADBLOCK..!!! ⛔</strong><br><br>Maaf, Kami mendeteksi bahwa kalian telah mengaktifkan AdBlocker.<br><br>Blog Buttatoa tetap dapat aktif berjalan dibantu dari pendapatan iklan.<br>Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan AdBlocker atau memasukkan blog ini ke dalam Whitelist.<br><br>Untuk melanjutkan melihat artikel, nonaktifkan AdBlocker dan refresh kembali halaman browser kalian.<br><br>Terima kasih 🙏🙏🙏 </p>';} var b=document.createElement("script");b.type="text/javascript";b.async=!0;b.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";b.onerror=function() {f();window.adblock=!0};var e=document.getElementsByTagName("script")[0];e.parentNode.insertBefore(b,e)}();
//]]></script>

Catatan :terkadang beda template, berbeda pula kode yang digunakan pada post-body. Ada yang menggunakan "post-body", ".postbody", "postbody", dll. Jadi kalian ubah kode yang berwarna biru diatas, sesuaikan dengan template kalian.

Untuk melihat kode "post-body" pada template blogger yang kalian gunakan, perhatikan gambar gif dibawah ini:

Memasang Script Anti Adblock Terbaru

Sementara untuk template yang tidak memasang kode id postbody seperti template VioMagz v4.9.0, kalian perlu menambahkannya dengan cara mengedit html template Viomagz lalu cari kode <div class='post-body-artikel'>. Setelah kalian temukan, ganti dengan script dibawah ini:

<div class='post-body-artikel' id='post-body'>

3. Kalian juga dapat memasangnya melalui Script HTML di Tata Letak Dashboard Blogger dengan cara masuk ke menu Dashboard Blogger 👉 Tata Letak 👉 Tambahkan Gadget/Widget 👉 HTML/Java Script. Kalian copy paste dan satukan kedua kode diatas di kolom "Konten".

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini, dan demonya kalian bisa lihat melalui link demo dibawah..(aktifkan adblock browser kalian untuk meihat hasilnya).

Memasang Script Anti Adblock Terbaru

 

Kesimpulan

Memasang script anti adblock pada blog, bisa di ibaratkan sebagai pisau bermata dua. Di satu sisi, tentu saja kita berharap mendapatkan penghasilan yang lumayan dari pendapatan iklan yang tayang maupun diklik, dan karenanya kita memasang script anti adblock agar blog tetap menampilkan iklan saat seseorang berkunjung diblog kita.

Di lain sisi, terkadang beberapa pengunjung blog merasa kesal akan setiap iklan yang tampil diblog sehingga mereka mengaktifkan ekstensi adblock di browser mereka. Tentu saja ini mengurangi pendapatan kita sebagai admin blog, dan bila ternyata kita juga memasang anti adblock makin membuat pengunjung merasa malas berkunjung dan melewatinya.

Jadi yang terbaik adalah saling menghargai. Sebagai pemilik blog, sebaiknya kita menempatkan iklan yang tidak berlebihan agar pengunjung tetap nyaman, dan sebaliknya sebagai pengunjung baiknya pula menghargai jerih payah admin blog yang telah bersusah payah menyajikan artkel yang menarik dengan tidak memasang ekstensi adblock dan sesekali mengklik iklan tentunya...😄. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Memasang Script Anti Adblock Terbaru Untuk Blogger"