Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
(100% Work) How to Fix CorelDRAW Illegal Software Problem

(100% Work) How to Fix CorelDRAW Illegal Software Problem

Blog Buttatoa | Mengatasi Ilegal Software CorelDRAW - CorelDRAW adalah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Corel Corporation untuk melakukan pekerjaan desain grafik berbasis vektor seperti desain logo, flex, brosur, kartu undangan, iklan online dan cetak, desain produk, desain tata letak arsitektur, seniman sketsa online dan lainnya.

CorelDRAW Illegal Software

CorelDRAW juga dikenal sebagai Corel's Graphic Suite, merupakan perangkat lunak yang sangat tua yang dirilis 29 tahun yang lalu tepatnya pada 16 Januari 1989. CorelDRAW versi terbaru saat ini diluncurkan pada 10 April 2018 dengan beberapa fitur baru seperti menerapkan amplop ke bitmap, menyesuaikan perspektif foto secara interaktif, dll.

{tocify} $title={Table of Contents}

CorelDRAW dikembangkan untuk Microsoft Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Mereka juga meluncurkan Versi untuk Mac OS dan Mac OS x, tetapi karena penjualan yang buruk, mereka berhenti membuat Versi lebih lanjut. Corel Corporation juga mengembangkan Versi untuk Windows 3.1X, CTO dan OS2 hingga Versi 5. 

Versi dan Fitur Corel Draw

Di bawah ini adalah beberapa versi dan fitur-fiturnya untuk CorelDRAW:

  1. Versi 1.11 : Dirilis pada tahun 1990 dimana pada versi pertama ini memberikan fitur pendukung untuk mengimpor/mengekspor AutoCAD DXF yang dapat kalian tambahkan untuk bekerja pada desain 2D dan 3D.
  2. Versi 2.0  : Dirilis pada tahun 1991, dimana versi ini menyertakan fitur print merge untuk menggabungkan file teks dengan file grafik yang dapat kalian cetak hasilnya. Selain itu adanya penambahan fitur Envelope, Blend, Extrusion and Perspective tools untuk mendistorsi dan memadukan objek dan bentuk.
  3. Versi X3 : Dirilis pada tahun 2006 dengan menyertakan fitur mesin tracing baru yang disebut “Corel PowerTRACE”, yang dapat mengubah bitmap menjadi grafik vektor, berfungsi untuk melakukan pemotongan objek vektor dimana pada versi sebelumnya, hanya mungkin dilakukan dengan bitmap.
  4. Versi 4 atau X4 : Dirilis pada tahun 2008, dimana dilakukan penambahan fitur penting seperti tabel interaktif, dukungan Camera Raw untuk 300 kamera, lapisan halaman independen serta adanya pembaruan dengan "pemformatan teks langsung" yang menunjukkan pratinjau atribut teks sebelum menerapkannya.
  5. Versi CorelDRAW X5 : Dirilis pada tahun 2010, dimana ini dirilis dengan Corel® CONNECT yang memungkinkan browser layar penuh kalian membaca dengan teliti konten digital suite dan mencari komputer, jaringan lokal, atau perangkat penyimpanan eksternal kalian untuk dengan cepat menemukan pelengkap sempurna untuk desain, peningkatan alat mesh dengan opsi transparansi.
  6. Versi CorelDRAW X6 : Dirilis pada tahun 2012, yang mana pada versi ini ditingkatkan & diperbarui dengan adanya dukungan OpenType tingkat Lanjut yang mencakup empat alat Pembentuk Vektor kreatif baru untuk menyempurnakan objek vektor.
  7. Versi CorelDRAW X7 : Dirilis pada tahun 2014, dengan beberapa terbaru seperti "Align and Distribute Docker", yang memberikan kemudahan akses ke semua opsi perataan yang tersedia sehingga kalian dapat memposisikan objek dengan presisi.
  8. Versi CorelDRAW X8 : Dirilis pada tahun 2016 dengan menambahkan dukungan untuk tampilan Ultra HD 4k dan dukungan Real-Time Stylus (RTS).
  9. Versi CorelDRAW 2017 : Dirilis pada tahun 2017 dengan beberapa pemabruan pada fitur seperti pratinjau dan pengeditan kurva, alat LiveSketch, bentuk simpul khusus, slider interaktif yang menonjol dan penambahan fitur LiveSketch™ Tool.
  10. Versi CorelDRAW 2018 : Dirilis pada tahun 2018 dengan banyak fitur tambahan seperti  alat Block Shadow, Pointillizer, Alat Dampak, Efek Pointillizer, Mode Simetri, dan efek PhotoCocktail.
  11.  Versi Terbaru CorelDRAW : Dirilis pada tahun 201 dengan penambahan efek bitmap Non-Destruktif, yang berfungsi untuk menampilkan daftar semua efek yang diterapkan pada objek yang dipilih dan memungkinkan kalian menambahkan efek baru dan menghapus yang sudah ada dalam beberapa klik saja.

Penyebab CorelDRAW Terdeteksi Ilegal Software

Walaupun kini banyak aplikasi desain grafik berbasis vektor yang tersedia dalam versi dekstop maupun mobile dengan segala macam fitur dan kemudahan yang diterapkan didalamnya, CorelDRAW masih tetap menjadi yang terbaik sampai saat ini.

Namun dengan harga yang kebanyakan orang masih menganggapnya kemahalan, hanya designer grafis yang profesional dan benar-benar menggunakan CorelDRAW untuk tujuan bisnis dan menghasilkan keuntungan yang besar yang membeli dan menggunakan CorelDRAW original. Sementara untuk sebagian kecil designer grafis amatir dan pemula menggunakan CorelDRAW versi percobaan yang telah di crack ataupun menggunakan lisensi yang tidak valid.

Bila kalian mencari sofware CorelDRAW di internet, banyak situs yang menyediakan software ini secara gratis disertai dengan petunjuk menggunakan crack maupun key lisensi. Kalian tinggal download dan menginstal untuk menggunakannya secara bebas namun terbatas.

Software CorelDRAW yang disediakan beberapa situs tersebut, walaupun dapat kalian instal dan aktivasi menggunakan crack maupun dengan sebuah key lisensi, ternyata memiliki kelemahan yaitu kalian hanya dapat menggunakannya dengan lancar pada saat kalian tidak terhubung dengan jaringan internet (Offline).

Bila kalian mengoperasikan CorelDRAW saat terhubung dengan jaringan internet (Online), maka akan tidak membutuhkan waktu yang lama, CorelDRAW yang kalian gunakan akan diblacklist dan program CorelDRAW yang kalian gunakan akan dinyatakan sebagai Ilegal Software.

Hal ini dimungkinkan terjadi disebabkan fitur auto update CorelDRAW yang otomatis bekerja atau mungkin juga ada beberapa fitur lainnya yang telah ditanamkan pada CorelDRAW itu sendiri yang akan merespon saat online dan terhubung dengan dengan jaringan server CorelDRAW itu sendiri.

Nah, begitu kalian telah terkoneksi dengan jaringan pada server CorelDRAW menggunakan software yang telah di crack ataupun menggunakan lisensi yang tidak valid, maka disaat itulah CorelDRAW yang kalian gunakan akan segera di blacklist dan dinyatakan bahwa kalian menggunakan Ilegal Software.

Dampaknya, CorelDRAW yang digunakan biasanya akan menampilkan popup window yang berisi permintaan untuk membeli dan memasukkan key lisensi yang benar atau terkadang hanya pemblokiran penggunaan pada fitur dan menu tertentu yang notebene adalah fitur dan menu yang sangat crusial seperti save, edit, dll.

Cara Mengatasi CorelDRAW Ilegal Software

Seperti yang dikemukakan diatas, umumnya CorelDRAW akan terdeteksi sebagai illegal software saat kalian bekerja menggunakan CorelDRAW dan terhubung dengan jaringan internet (Online). Bagi yang memiliki dana yang cukup, kalian cukup membeli lisensi key yang valid. Namun bagi yang memiliki dana pas-pasan, tentunya ini menjadi masalah tersendiri.

Apakah ada solusi lainnya?, jawabannya...tentu saja ada.

Yang pertama adalah kalian dapat bekerja menggunakan CorelDRAW hanya dengan posisi tidak terhubung dengan jaringan internet (Offline). Tapi hal ini akan merepotkan karena kalian harus sigap untuk mengaktifkan/menonaktifkan jaringan internet apalagi bila kalian telah menset koneksi ke auto internet pada perangkat kalian. Apalagi bila kalian membutuhkan data dan file dimana kalian membutuhkan jaringan internet untuk mendapatkannya, tentunya ini akan lebih merepotkan.

Yang kedua adalah kalian tetap dapat menggunakan CorelDRAW sambil tetep terhubung dengan jaringan internet (online), namun kalian perlu melakukan pengeditan dan menambahkan hosts file CorelDRAW kedalam sytem windows dan selanjutnya melakukan pemblokiran auto update CorelDRAW menggunakan Windows Firewall ataupun aplikasi pihak ketiga lainnya. 

Langkah kedua ini akan memblokir CorelDRAW dari koneksi ke jaringan server sehingga CorelDRAW yang kalian gunakan, saya jamin berfungsi 100% akan tetap aman dari deteksi Illegal Software. Cara ini berfungsi dihampir semua versi CorelDRAW yang tersedia. Namun konsekuensi yang kalian dapatkan yaitu kalian tidak dapat menikmati pembaharuan fitur dan keamanan terbaru yang tersedia.

Bagaimana cara melakukan pemblokiran auto update atau memutuskan koneksi CorelDRAW ke jaringan server, kalian perhatikan dan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Install Ulang / Kosongkan System Data CorelDRAW

Yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan Uninstal CorelDRAW kalian yang telah terdeteksi Illegal Software. Kalian bisa menggunakan fitur uninstal bawaan windows ataupun aplikasi pihak ketiga lainnya. Namun saya menyarankan sebaiknya kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Your UnInstaller👀, Revo UnIntaller. Aplikasi pihak ketiga ini jauh lebih baik dalam membersihkan file registry sampai keakar-akarnya daripada bawaan windows.

Selanjutnya pastikan kalian mematikan koneksi internet lalu lakukan install ulang seperti biasa dan masukkan crack atau lisensi file yang kalian miliki. Setelah CorelDRAW terinstal, selanjutnya kalian tinggal mengedit dan menambahkan hosts file dan memblokir CorelDRAW menggunakan windows Firewall atau aplikasi pihak ketiga seperti yang akan dijelaskan dibawah nantinya.

Jika kalian repot untuk melakukan uninstall dan install ulang, kalian dapat mencoba cara lain yaitu dengan melakukan pengosongan data CorelDRAW pada system data windows. Hal ini membuat CorelDRAW akan menjadi seperti saat baru saja kalian melakukan penginstalan. Hal ini sudah saya coba pada CorelDRAW Graphic Suite 2018 dan berhasil. Apakah cara ini berfugsi pada versi CorelDRAW lainnya, kalian bisa mencobanya sendiri, bila kalian memiliki versi yang berbeda.

Adapun caranya cukup simpel dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan koneksi internet dalam kondisi Offline.

  2. Klik kanan pada logo Star windows lalu pilih 👉 Run untuk menampilkan Run Window. Ketikkan %appdata% lalu tekan Enter.

    Run data application

  3. Setelah itu akan ditampilkan jendela "Roaming App Data". Cari dan hapus folder "Corel".

    Menghapus App Data CorelDRAW

  4. Kosongkan Reycle Bin.

    Menosongkong Recycle Bin

  5. Selanjutnya kalian janga lupa untu melakukan pengeditan dan menambahkan hosts file dan memblokir firewall CorelDRAW  dengan cara seperti yang akan dibahas selanjutnya agar dapat digunakan online. Setelah itu kalian tinggal buka CorelDRAW kalian.

    Menjalankan CorelDRAW

    Jika menampilkan jendela seperti gambar diatas, kalian tinggal klik Skip dan kalian sudah bisa menggunakan CorelDRAW dengan aman tanpa takut terkena Illegal Software kembali.

Edit Hosts File Windows

Tahapan selanjutnya yaitu melakukan pengeditan pada hosts file system windows lalu menambahkan hosts file CorelDRAW. 

Sebenarnya blokir firewall dengan cara edit HOSTS file ini, hanya digunakan apabila program yang kalian gunakan itu tidak dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet seperti program update driver, connectivity, dll. Namun bila program tersebut tetap dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet seperti CorelDRAW, Photoshop, dll, maka kalian cukup menggunakan Windows Firewall atau aplikasi pihak ketiga sejenisnya.

Namun tidak ada salahnya juga jika kalian mencoba dan menggunakannya. Adapun caranya kalian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka file Windows Explorer lalu arahkan ke C:\Windows\System32\drivers\etc. Kalian akan melihat file hosts system disana.

    Edit Hosts File Sistem 32 Windows

  2. Buka flie hosts tersebut dengan notepad. Lalu tambahkan file hosts CorelDRAW berikut di bagian paling bawah hosts file.

    127.0.0.1 apps.corel.com
    127.0.0.1 mc.corel.com
    127.0.0.1 product.corel.com

    Tambah Hosts File CorelDRAW

  3. Klik exit (x) dan saveuntuk menyimpan file hosts tersebut.

Blokir Auto Update Menggunakan Windows Firewall

Berikutnya lakukan pemblokiran auto update CorelDRAW. Kalian bisa menggunakan Windows Firewall atau aplikasi pihak ketiga lainnya. Untuk memblokir CorelDRAW menggunakan Windows Firewall, kalian dapat lakukan dengan cara sebagai berikut:

Mengakses Advanced Settings Windows Firewall

  • Untuk Windows 10 Kebawah

    Bila pengguna windows 10 kebawah, kalian dapat mengakses Advanced Settings Windows Firewall dengan cara sebagai berikut:

    1. Klik icon searh 🔎 pada taksbar komputer lalu ketikkan control panel. Pilih dan buka control panel tersebut.

      Mengakses Advanced Settings Windows Firewall

    2. Pada window Control Panel kalian pilih System and Security 👉 Windows Defender Firewall.

      Membuka Firewall Settings Windows 10

    3. Di jendela Windows Defender Firewall kalian klik Advanced settings untuk melakukan beberapa konfigurasi pengaturan firewall.

      Membuka Advanced Windows Firewall Settings

  • Untuk Windows 11

    Bila pengguna windows 11, kalian dapat mengakses Advanced Settings Windows Firewall dengan cara sebagai berikut:

    1. klik kanan pada logo Start Windows lalu pilih Settings.

    2. Di window settings ini kalian pilih Network & Internet 👉 Advanced network settings 👉 Windows Firewall.

      Membuka Firewall Settings Windows 11

      Membuka Windows Firewall Windows 11

    3. Selanjutnya akan ditampilkan Windows Security. Disini kalian pilih Firewall & network protection 👉 Advanced settings.

      Advanced settings firewall windows 11

Konfigurasi Advanced Settings Windows Firewall

Berikutnya melakukan konfigurasi settings windows firewall dengan cara :

  1. Di jendela windows Defender Firewall with Advanced Security yang terbuka klik Outbound Rules lalu pilih 👉 New Rule....

    Membuat Rule Firewall CorelDRAW

  2. Akan ditampilkan window New Outbound Rule Wizard. Jika kalian pengguna windows 10 kebawah, pada menu Steps pilih ◉ Program 👉 ⦿ This program path:, dan klik Browse untuk mencari letak program CorelDRAW kalian tersimpan.  Untuk CorelDRAW 64 bit, biasanya tersimpan di C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Setup.Klik Next untuk melanjutkan ketahap Action.

    Memasukkan CorelDRAW kedalam List Firewall

  3. Selanjutnya kalian pilih ⦿ Block the connection, terus klik Next untuk lanjut ke tahap Profile.

    Blokir Firewall CorelDRAW

  4. Pada steps profile ini kalian centang semua rule yang tersedia lalu klik Next untuk lanjut steps Name.

    Pembatasan Firewall CorelDRAW

  5. Di tahapan name ini, kalian diminta untuk mengisi nama dan deksripsi outbound. Cukup isi dibagian nama saja lalu klik Finish untuk menyelesaikan proses blokir firewall CorelDRAW

    Blokir Firewall CorelDRAW selesai

Setelah semuanya selesai, kalian sudah dapat menggunakan program CorelDRAW dengan tetap terhubung dengan jaringan internet (online) tanpa khawatir akan terkena peringan illegal software kembali.

Blokir Auto Update Menggunakan Aplikasi Fab

Selain menggunakan Windows Firewall kalian juga dapat mencoba menggunakan aplikasi blokir firewall lainnya seperti App Bloker Fab. Aplikasi ini sangat bermanfaat dan berfungsi hampir diseluruh program seperti Office, Phostoshop, CorelDraw, dll dan support pada Operating Systems: Windows 10 , Windows 8.1 , Windows 8 , Windows 7 , Windows Vista – (both x86 and x64).

Aplikasi ini jauh lebih mudah penggunaanya dan tidak terlalu merepotkan seperti pada windows firewall, sehingga aplikasi ini sangat saya rekomendasikan. Kalian bisa mensearch di Google untuk mendapatkan aplikasi ini, atau jika kalian malas mencari, silahkan berkomentar dibawah dan akan saya kirimkan programnya.

Cara menggunakan App Bloker Fab ini cukup mudah yaitu:

  1. Buka program App Bloker Fab, tampilannya seperti gambar dibawah ini:

    Tampilan Program App Bloker Fab

  2. Disini, ada 2 cara yang bisa kalian gunakan disini yaitu "add application" dimana kalian memblokir firewall hanya mengambil file .exe program dan yang kedua melalui "add folder content", dimana kalian memblokir firewall dengan mengambil keseluruhan data file program.

    Untuk add application, kalian cukup klik pada icon tambah + , lalu cari file .exe CorelDRAW kalian tersimpan. Biasanya untuk windows 64 bit tersimpan pada directory  C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Setup.

    Klik Open, maka CorelDRAW kalian sudah masuk kedalam list block firewall.

    Add Application CorelDRAW Ke App Fab

  3. Sedangkan bila kalian menggunakan add folder content, kalian klik File 👉 Add Folder Contents. Kalian cari folder CorelDRAW kalian tersimpan. Untuk windows 64 bit tersimpan pada directory C:\Program Files\Corel.

    Add Folder Contents CorelDRAW Ke App Fab

Kesimpulan

Penggunaan crack, patch atau lisensi key yang kadaluarsa untuk melakukan aktivasi pada program CorelDRAW hanya berfungsi dengan baik hanya pada saat kalian offline. Bila kalian sedang online dan kemudian bekerja menggunakan program CorelDRAW maka fitur outo update akan segera bekerja dan menghubungkan program ke server.

Hal tersebut akan segera membuat program CorelDRAW akan segera terdeteksi sebagai program bajakan atau Illegal Software, dan akibatnya kalian tidak dapat menggunakannnya lagi karena beberapa menau dan fitur penting lainnya akan segera terblokir.

Agar kalian tetap dapat bekerja dan menggunakan CorelDRAW sambil tetap terkoneksi dengan jaringan internet maka kalian perlu melakukan pembatasan jaringan dengan cara memblokir firewall program dengan menggunakan fitur windows firewall ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Bloker fab.

Penggunaan blokir firewall ini tentu saja memberikan dampak yang lain khususnya tidak adanya kesempatan untuk mendapatkan pembaharuan fitur dan keamanan terbaru dari CorelDRAW. jadi bila kalian memiliki dana yang cukup, maka alangkah baiknya kalian membeli program ini, karena dengan membelinya maka kalian telah membantu pengembangan program CorelDRAW agar lebih baik kedepannya. Semoga bermanfaat, Wassalam.



Show Comments

Post a Comment for "(100% Work) How to Fix CorelDRAW Illegal Software Problem"